Bisnis Melalui Toko Online

| |

Memiliki usaha atau bisnis adalah salah satu impian setiap orang. Namun sayang, untuk membangun suatu usaha, diperlukan modal yang tidak sedikit.
Untuk mendapatkan tempat yang strategis, Anda juga harus bersaing dengan pebisnis lain. Jangankan membeli tempat untuk membuka usaha, menyewa saja terkadang perlu modal puluhan juta untuk satu tahunnya.

Bahkan tak jarang, harga sewa yang ditawarkan sudah tidak realistis lagi. Namun beruntung adanya perkembangan internet karena Anda bisa memiliki toko dengan modal kecil. Anda bisa membangun bisnis melalui toko online.

Keistimewaan Toko Online
Toko online tidak jauh berbeda dengan toko pada umumnya. Bedanya hanya pada bentuk fisiknya saja. Kalau toko pada umumnya, Anda akan memiliki suatu tempat dengan ukuran tertentu untuk meletakkan barang-barang yang akan dijual.
Sedangkan toko online beroperasi melalui jaringan internet. Anda dapt memasang gambar dan informasi lain seputar produk yang dijual.

Untuk memiliki toko online. Anda harus mempunyai website terlebih dahulu, yaitu website yang dirancang khusus menjadi sebuah toko onlene untuk display produk. Anda bisa memperoleh ilmu dalam membuat website untuk toko online ini dengan belajar di Asian Brain http://www.AsianBrain.com.
Di sana Anda bisa belajar secara lengkap, tidak hanya membangun sebuah website. Anda juga akan memperoleh ilmu untuk mengembangkan toko online Anda supaya ramai dikunjungi orang. Dengan demikian, produk yang Anda jual akan laris manis.

Toko Online Lebih Unggul Dari Toko Offline
Menjual barang melalui toko online memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan toko offline. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh toko online adalah:
  • Pangsa pasar yang lebih luas. Kalau toko offline, jangkauan pasar hanya terbatas pada lokasi toko. Sebaliknya toko online, memiliki pangsa pasar yang tidak terbatas. Anda bisa memperoleh pembeli darimana saja, baik dalam maupun luar negri.Setiap daerah yang memiliki jaringan internet akan dapat mengakses dan mengunjungi toko Anda. Dengan demikian, peluang produk Anda dibeli juga semakin besar. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan promosi dan belajar cara untuk membuat toko online Anda terkenal.
  • Modal mendirikan yang kecil. Untuk membuat sebuah toko online, Anda tidak memerlukan modal jutaan rupiah. Bahkan toko online bisa Anda dirikan secara gratis. Yang dibutuhkan dalam membuat toko online hanya sedikit pengetahuan internet saja.Banyak aplikasi CMS (Content Management System) menjadikan proses pembuatan toko online menjadi mudah. Anda bisa mencoba beberapa CMS seperti OSCommerce, Virtuemart, Magento, Zen Cart, dan lain-lain. Semuanya tersedia secara gratis. Anda tidak unduh aplikasi ini, install dan setting sesuai kebutuhan.
  • Maintenance yang lebih mudah. Anda tidak perlu membayar beberapa orang untuk menjaga toko Anda. Anda hanya perlu satu orang untuk menjalankan toko online ini. Bahkan Anda sendiri pun bisa menjalankan toko ini secara freelance. Artinya uang yang perlu Anda keluarkan untuk membayar gaji karyawan bisa digunakan untuk menambah modal.
  • Produk yang ditampilkan tidak terbatas. Pada toko offline, jumlah produk yang bisa Anda display pasti terbatas ruang toko. Di toko online, Anda bisa menampilkan produk secara tidak terbatas.Tidak memerlukan ruangan yang besar untuk memajang foto produk dan deskripsi informasi produk. Dengan demikian ratusan bahkan ribuan produk bisa Anda jual di toko online.
  • Promosi yang mudah. Promosi sangat penting demi suksesnya toko yang Anda miliki. Promos di dunia internet tidaklah sulit. Banyak website-website yang menyediakan ruang untuk promosi. Bahkan ada beberapa diantaranya yang disediakan secara gratis. Anda hanya perlu menjelajah beberapa saat untuk menemukan webisite-website tersebut.
Sudah saatnya beralih ke toko online sebagai salah satu solusi bisnis Anda. Begitu banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh dari toko online. Dengan langkah yang tepat, Anda akan memiliki bisnis online yang sukses.


Share/Bookmark
Diposting oleh KCSU Team on Selasa, April 03, 2012. Filed under . Adapun Update berita dan kegiatan room dapat disimak melalui RSS 2.0. Jangan lupa klik tombol suka/like dibawah ini:

Baca juga artikel menarik dibawah ini :



0 komentar for "Bisnis Melalui Toko Online"

Posting Komentar